NEWS  

Cara Menghapus Coretan di Foto Secara Online

cara-menghapus-coretan-di-foto

Terkadang ada sebuah foto yang dari tampilannya ada coretannya. cara menghapus coretan di foto tersebut perlu bila ingin melihat kondisi foto yang lebih bersih.

Ketika ingin menggunakan foto tersebut untuk keperluan yang penting seperti menguploadnya ke media sosial atau menjadikannya foto profil. Tentu inginnya agar foto tersebut bersih dari coretan.

Bagaimana langkah-langkahnya untuk hapus coretan pada foto dengan cepat dan hasilnya bersih? Tanpa mengubah kondisi foto aslinya. Ternyata ada cara yang praktis dengan menggunakan fitur website edit foto online.

Cara Menghapus Coretan di Foto dan Kenali Faktor Penyebabnya

cara-menghapus-coretan-di-foto

Apa sebetulnya yang menyebabkan foto akhirnya ada coretannya begini? Pastinya oleh pemilik awalnya ada tujuan mengapa akhirnya jadi tercoret-coret seperti ini.

Berikut adalah beberapa alasan yang memungkinkan adanya coretan pada foto. Yang mesti segera dihapus dengan berbagai cara walaupun sulit.

  1. Menutupi Sesuatu yang Buruk

Sebuah foto tercoret-coret karena untuk menutupi keburukan pada foto tersebut. Misalnya menunjukkan benda tajam atau adegan kekerasan. Tujuan mencoret-coret seperti benang tak karuan supaya fotonya bisa jadi tak nampak sama sekali.

Mencoret-coret begini umumnya dilakukan dengan tujuan memfilter maksimal. Aksi coret-coret paling mudah melalui kolom chatting seperti WhatsApp misalnya karena sudah tersedia fitur coret-coret foto yang hendak dikirim. Untuk coba cara menghapus coretan di foto bisa dengan layanan edit foto online seperti situs The Inpaint.

  1. Memberikan Tanda Air atau Watermark

Salah satu fungsi coretan sebagai watermark. Biasanya coretan dalam bentuk logo atau semacamnya. Untuk menghapusnya terkadang memang sulit.

Cara menghapus tanda watermark pada foto harus menggunakan software pengolah foto yang mumpuni. Supaya bisa membongkar foto tersebut dan mencari foto aslinya sebelum ada watermarknya. Anda dapat gunakan Adobe Photoshop untuk menghapusnya.

  1. Merupakan Coretan Tandatangan.

Ada kalanya coretan juga berupa tandatangan dari sang pemilik foto. Maka cara menghapus coretan di foto dengan hapus TTD ini. Jika fotonya merupakan foto asli agak sulit karena yang bisa hanya menutupi.

Maksudnya foto asli adalah foto yang tercetak dengan kertas foto. Jadi sekalipun ingin menutupinya, harus dengan tipe-X, double tape atau lainnya.

  1. Menunjukkan Lokasi dan Titi Mangsa

Sebuah coretan pada foto bisa menunjukkan lokasi dan titi mangsa. Artinya merupakan tanggal dan tempat pembuatan foto tersebut.

Cara hapus lokasi dan titi mangsa bisa dengan mengatur kamera supaya tidak ada tulisan begininya. Namun bila itu foto milik orang lain maka cara termudah dengan crop saja bagian bawah fotonya. Biasanya lokasi dan titi mangsa ada pada pojok bawah.

  1. Memberikan Sorotan Tanda Kejelasan.

Tanda lingkaran merah pada foto sempat viral beberapa langkah waktu lalu. Sebagai suatu tanda yang khas untuk menunjukkan objek yang hendak disorot.

Cara membuatnya pun mudah bisa dengan tools pengolah foto yang sudah ada pada ponsel masing-masing orang. Namun untuk cara menghapus coretan di foto dalam bentuk lingkaran merah memang agak sulit.

Anda bisa meminta bantuan website edit foto online gratis. Seperti misalnya situs Fotor. Gunakan fungsi magic eraser untuk menyamarkan atau bahkan menghilangkan coretan red circle semacam ini.

Itu beberapa alasan mengapa akhirnya foto memiliki coret-coretan beragam bentuk. Cara menghapus coretan di foto dengan tools yang paling tepat untuk mendapatkan hasil maksimal. Kebanyakan tools sudah dapat terakses secara online melalui aplikasi android maupun website, sehingga sangat mudah penggunaannya.