NEWS  

Kalimat Bismillah Artinya dan Keutamaannya

Kalimat-Bismillah

kalimat bismillah merupakan salah satu kata yang sering diucapkan oleh banyak umat muslim, entah itu doa atau kepentingan lain.

Sebagai seorang muslim tentunya mengamalkan setiap amalan dalam syariat islam yang wajib hukumnya adalah kewajiban dan berdosa jika ditinggalkan. Adapun, beberapa amalan sesuai syariat islam yang bila dilakukan mendapat pahala kebaikan, seperti berdzikir, sholawat pada nabi Muhammad SAW, puasa hingga bersedekah.

Amalan – amalan tersebut, bisa diterapkan pada kehidupan sehari-hari, selain untuk meraih pahala kebaikan juga mengharap ridho Allah SWT. Sebagai seorang muslim tentunya juga harus bertaqwa kepada Allah SWT. Taqwa berarti menaati semua perintah Allah Swt dan menjauhi semua larangannya.

Salah satu amalan yang bisa dilakukan setiap kali mengawali kegiatan dan aktivitas, yaitu mengucapkan kalimat bismillah. Membaca dan menyebutkan kalimat ini diawal kegiatan keseharian dapat memperoleh lindungan dan keselamatan oleh Allah SWT saat kegiatan berlangsung.

Kalimat Bismillah: Lafadz dan Artinya

Kalimat-Bismillah

Adapun kalimat basmalah atau bismillah ini, diucapkan saat mengawali bacaan surat-surat al-Qur’an. Lafadz basmalah ini bisa diketahui sebagai berikut:

 بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْ

(Bismillahirrahmannirrahiim)

Terjemahan: Dengan menyebut nama Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang.

Kalimat tersebut menjadi sebuah kalimat yang memiliki beberapa keutamaan yang dapat diperoleh ketika mengucapkanya saat mengawali kegiatan. Salah satunya adalah dapat menghapus dosa-dosa kecil dari perbuatan salah yang diperbuat selama hidup.

Misalnya ketika seorang muslim sedang akan membaca surat di dalam al Qur’an, maka ia mengawalinya dengan membaca kalimat basmalah terlebih dahulu. Keutamaan yang didapat salah satunya adalah mendapat ampunan dosa-dosa kecil oleh Allah SWT.

Keutamaan tersebut disebutkan dalam sebuah riwayat hadist, yaitu : “Barangsiapa yang membaca kalimat bismillah, maka tak tersisa sedikitpun dari dosa-dosa yang kecil.” (HR. Muttafaqun Alaih).

Keutamaan Mengucapakan Kalimat Bismillah

Adapun beberapa keutamaan mengucapkan kalimat bismillah, dikutip dari salah satu video keutamaan kalimat bismillah di YouTube dari kanal YouTube Ustadz Adi Hidayat. Beliau menyebutkan bahwa ada 4 keutamaan mengucapkan kalimat basmalah pada kegiatan sehari-hari. 4 keutamaan antara lain:

  1. Dibimbing Mengawali Aktifitas

Ketika mengucapkan kalimat basmalah atau bismillah saat mengawali aktifitas sehari-hari, maka seorang muslim yang melakukannya akan mendapat bimbingan kelancaraan aktifitas oleh Allah SWT.

  1. Dibimbing saat menghadapi Kesulitan

Kemudian, sering mengucapkan kalimat bismillah ini dapat membuat seorang muslim dimudahkan dalam situasi sedang menghadapi kesulitan dalam kehidupannya.

  1. Ditinggikan Derajatnya ke Tempat Terbaik

Bagi orang beriman, ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT merupakan sebuah hal yang sangat khusus dan diinginkan oleh banyak orang beriman. Karena dengan ditinggikan derajatnya tersebut, kecintaan Allah SWT terhadap hambanya akan bertambah.

  1. Dilindungi dari Orang yang akan Menjahilinya

Seorang muslim yang mengamalkan amalan mengucapkan kalimat basmalah akan mendapat lindungan oleh Allah SWT dari orang-orang yang berniat menyakitinya baik secara fisik maupun lisan.

Kalimat Hamdalah

Selain kalimat basmalah, terdapat juga kalimat lain yang juga penting untuk diamalkan. Yaitu kalimat hamdalah, kalimat hamdalah bisa diucapkan saat selesai mengerjakan suatu kegiatan, misalnya selesai makan dan minum. Hal ini berbanding terbalik dengan kalimat basmalah yang diucapkan saat akan mengawali kegiatan sehari-hari.

Lafadz kalimat hamdalah, adalah sebagai berikut:

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

(Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin)

Yang memiliki arti, “Segala puji bagi Allah Tuhan semesta Alam”.

Waktu kapan saatnya membaca kalimat hamdalah adalah saat selesai makan dan minum, setelah bersin dan mengucapkan syukur di sebuah karya tulis dan lain. Mengucapkan kalimat hamdalah ini bertujuan untuk mensyukuri nikmat Allah SWT.